APA ITU MEMANCING ?

Tentu kawan-kawan sudah tidak asing dengan kata MEMANCING kan ? yap betul, memancing atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “Fishing” adalah kegiatan atau suatu cara untuk menangkap ikan, udang, sampai kepiting. Ada berbagai cara dalam penerapan memancing, mulai dari memasang perangkap atau yang biasa disebut “bubu”, memasang jaring, menggunakan alat pancing hingga menggunakan alat strum, tapi yang terakhir jangan dipakai ya karena melanggar Undang-Undang dan sanksi penjara atau denda. Selain itu menggunakan alat strum/racun/bahan peledak merusak ekosistem sehingga dapat menyebabkan punahnya hewan air yang biasa kita pancing. Kalau tidak ada ikan untuk dipancing lantas buat apa dong peralatan pancing kita, bisa-bisa nanti dijadikan alat jemuran sama si emak. Hihihi

Yap, memang ada banyak cara menerapkan kegiatan memancing, namun yang kita bahas kali ini adalah memancing menggunakan alat pancing. Alat pancing ? apa itu alat pancing? Yaelah jaman gini masih tidak tahu apa itu alat pancing?! Sepertinya masa kecil Anda dalam dunia maya ya. Hihii. Oke, oke saya jelaskan ya, alat pancing atau “tackle” adalah alat yang digunakan untuk menangkap ikan, udang sampai kepiting. Secara sederhana alat pancing terdiri dari joran /rod, benang/fishing line, dan kail/hook.

Bagi anak-anak yang tinggal dipedesaan pasti telah mengenal istilah memancing sejak kecil karena memancing adalah kegiatan yang menyenangkan.


 Biasanya mereka membuat alat pancing dari batang bambu yang diserut sedemikian rupa hingga batang bambu mengecil di ujungnya untuk mendapatkan kelenturan yang berguna sebagai indikator kalau ada ikan yang memakan umpannya. Kemudian diujung joran disambungkan dengan benang pancing yang berguna untuk mengikat pemberat dan kail. Pemberat disini berguna untuk menahan umpan tetap di dasar dan tidak terbawa arus. Umpan yang dipakai adalah cacing. Selain disukai ikan, cacing juga mudah didapat dan gratis pula, cocok buat yang suka mancing dan dana minim. Hehe.

Oke, itu tadi penjelasan sederhana tentang memancing dan alat memancing. Sekarang sudah pada tahu kan apa itu MEMANCING jadi tinggal cari sungai, laut, danau, atau rawa-rawa buat praktekin mancing dengan alat pancing tradisional. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang memancing kita bahas di post berikutnya ya jadi follow terus blog Allfish.

Temukan tips dan trik seputar memancing hanya disini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Mancing Tradisional